Halo sobat semua! Pada kali ini, saya akan menjelaskan tentang macam minyak atsiri. Sebelumnya, sobat semua pasti sudah tidak asing mengenai minyak atsiri. Jadi, minyak atsiri adalah minyak yang termasuk dalam kelompok minyak nabati yang di ekstrak menggunakan berbagai jenis tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk Kesehatan.

macam minyak atsiri

Sekitar 140 macam minyak atsiri diperdagangkan di pasar internasional dan 40 macam minyak atsiri yang di produksi oleh Indonesia sendiri, tapi hanya ada 12 macam saja yang mendapatkan standar ekspor.

Dalam pembuatan minyak atsiri itu tergantung dengan jenis tanaman apa yang ingin kamu buat, tapi hal itu dapat dilakukan dimana saja. Bahkan bisa dirumah kalian masing masing. Asalkan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan. Salah satu alat atau mesin yang dibutuhkan yaitu mesin destilasi minyak atsiri.

Untuk penjelasan selanjutnya, yuk langsung saja simak apa aja si macam minyak atsiri yang mendapatkan standar ekspor, berikut penjelasannya!

12 Macam Minyak Atsiri Standar Ekspor

Kayu putih

macam minyak atsiri

Minyak kayu putih ini merupakan jenis minyak atsiri yang dihasilak dari proses penyulingan daun kayu putih. Minyak ini memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan kita, selain itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk bahan insektisida, obat obatan, wangi wanigan, aromaterapi. Berikut beberapa kegunaan minyak atsiri kayu putih:

  1. Meredakan batuk
  2. Membersihkan dada
  3. Meredakan gigitan serangga
  4. Mengobati luka
  5. Membantu melegakan pernapasan
  6. Mengontrol gula darah
  7. Menyegarkan napas
  8. Meredakan nyeri sendi
  9. Mengurangi demam
  10. Mengatasi perut kembung
  11. Mengurangi kram perut
  12. Meredakan sakit kepala
  13. Sebagai antivirus

Cengkeh

macam minyak atsiri

Minyak cengkeh merupakan minyak atsiri yang dihasilkan dari proses penyulingan tanaman cengkeh, terutama pada bagian daun dan bunganya. Minyak cengkeh memiliki warna putih bening hingga kuning muda serta memiliki aroma pedas yang kuat. Pastinya, minyak cengkeh memiliki beragam manfaat untuk Kesehatan, diantaranya yaitu:

  1. Menjaga Kesehatan mulut
  2. Mencegah infeksi
  3. Meredakan sakit gigi
  4. Anti mikroba
  5. Mengatasi mual
  6. Menghilangkan stress
  7. Meringankan sakit kepala
  8. Meningkatkan system kekebalan tubuh

Meskipun memiliki beragam manfaat untuk Kesehatan, penggunaan minyak atsiri cengkeh juga tidak boleh digunakan sembarangan. Jika ingin mengonsumsi atau menggunakan minyak atsiri cengkeh, kamu harus mengencerkan terlebih dahulu menggunakan minyak carrier. Hal ini dikarenakan, minyak cengkeh memiliki kandungan yang sangat kuat.

Pala

macam minyak atsiri

Tak hanya digunakan untuk rempah rempah, pal aini juga dapat di olah menjadi minyak atsiri loh sobat. Jika digunakan sebagai rempah rempah, pala ini biasa digunakan untuk menambah cita raasa makanan. Penggunaan minyak pal aini juga memiliki beragam manfaat atau kegunaan. Berikut manfaat atau kegunaan minyak atsiri pala:

  1. Menghilangkan stress
  2. Tonik otak
  3. Menghilangkan bau mulut
  4. Mengatasi pola tidur yang tidak teratur
  5. Membantu Mengatasi gangguan pencernaan
  6. Meringankan kram saat haid
  7. Meningkatkan sirkulasi darah
  8. Membantu melancarkan peradaran darah

Kenanga

macam minyak atsiri

Kandungan senyawa linalool pada minyak atsiri kenanga ini dapat memberikan efek yang menenangkan. Karena, senyawa ini dapat menurunkan saraf pada otak sehingga menimbulkan efek kantuk.

Tak heran, jika bunga kenanga sering dijadikan sebagai aromaterapi supaya membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi kegunaan minyak atsiri kenanga ini. Berikut manfaat atau kegunaannya:

  1. Mampu menyembuhkan luka
  2. Dapat memerangi infeksi
  3. Dapat meningkatkan libido
  4. Menguatkan system saraf otak
  5. Menyembuhkan penyakit eksim
  6. Melawan depresi
  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Mengobati infeksi pada usus, lambung, usus besar, hingga saluran kemih
  9. Membuat kulit menjadi tampak bercahaya

Nilam

macam minyak atsiri

Tanaman nilam ini sudah banyak dimanfaatkan untuk membuat minyak atsiri. Minyak atsiri nilam ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan parfum atau dupa. Salah satu daerah di Indonesia penghasil nilam yang baik yaitu di Aceh. Berikut ada beberapa manfaat dari minyak nilam:

  1. Anti serangga
  2. Biasa digunakan sebagai bahan pembuatan parfum atau dupa
  3. Mencegah bau badan
  4. Anti mikroba
  5. Sebagai aroma terapi
  6. Bahan baku obat
  7. Merangsang hormone
  8. Obat bisul
  9. Obat sakit kepala
  10. Efek rematik
  11. Menjaga Kesehatan ginjal
  12. Mencegah jerawat
  13. Mencegah kulit kering
  14. Mengatasi dan mencegah penyakit disentri
  15. Melancarkan system pencernaan

Kemukus

Kemukus merupakan salah satu macam minyak atsiri yang Sebagian besar diambil dari buahnya yang kering. Minyak atsiri kemukus juga memiliki beragam manfaat untuk Kesehatan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Mengatasi sinusitis
  2. Menghilangkan rasa sakit
  3. Meningkatkan sirkulasi darah
  4. Memperkuat pencernaan
  5. Mengatasi napas yang tidak teratur

Minyak ini biasa digunakan sebagai penguat rasa pada makanan. Penggunaan minyak kemukus dalam bidang farmasi sudah di ketahui sejak dulu sebagai salah satu komponen ramuan tradisional karena memiliki sifat anti septic, diuretic, karminatif dan ekspektoral.

Cendana

macam minyak atsiri

Minyak cendana merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan parfum dan pengharum ruangan karena memiliki aroma yang harum. Sehingga minyak cendana ini di sukai oleh banyak orang. Selain itu, ternyata minyak cendana ini memiliki manfaat untuk Kesehatan juga lho! Berikut manfaatnya:

  1. Meningkatkan kewaspadaan
  2. Mengatasi gangguan mental
  3. Menyembuhkan masalah pada pencernaan, otot
  4. Mempercepat penyembuhan luka
  5. Mengobati flu
  6. Menyembuhkan infeksi saluran kemih
  7. Mengobati kanker kulit
  8. Dapat mencegah insomnia

Akar wangi

Sudah lama akar wangi digunakan untuk obat tradisional. Terutama bagi kalian yang mempunyai masalah dengan nyeri pada perut, keluhan sirkulasi darah, dan juga saraf.

Selain digunakan sebagai obat obatan tradisional, akar wangi ini juga dapat diolah menjadi minyak atsiri yang memiliki beragam manfaat. Manfaat dari minyak akar wangi meliputi:

  1. Mencegah infeksi bakteri
  2. Meningkatkan kualitas tidur seseorang
  3. Mampu digunakan untuk mengusir serangga
  4. Mengandung anti oksidan
  5. Mengatasi antioksidan
  6. Meredakan kecemasan
  7. Meredakan peradangan
  8. Menghilangkan bekas luka
  9. Menjadikan otak lebih waspada

Kayu manis

macam minyak atsiri

Kayu manis biasa digunakan sebagai penyedap makanan dan minuman karena memiliki aroma dan rasa yang khas. Tak heran, jika kamu menemukan taburan bubuk kayu manis di berbagai hidangan.

Selain digunakan untuk penyedap makanan dan minuman, kayu manis juga dapat diolah menjadi minyak atsiri yang juga memiliki beragam manfaat.

Berbagai macam kandungan yang terdapat pada minyak kayu memberikan manfaat atau kegunaan tersendiri jika di gunakan secara rutin. Berikut beberapa manfaat atau kegunaan minyak atsiri kayu manis jika digunakan secara rutin:

  1. Menyuburkan rambut
  2. Dapat digunakan sebagai disinfektan
  3. Mempercepat proses penyembuhan luka
  4. Menyeimbangkan kadar gula darah
  5. Mengurangi nafsu makan yang berlebihan
  6. Mengatasi infeksi jamur
  7. Mampu membantu melancarkan system metabolism tubuh

Jika kamu ingin memperoleh manfaat seperti diatas, maka gunakan minyak kayu manis secara rutin supaya mendapatkan manfaat yang maksimal untuk Kesehatan tubuh kita.

Peluang Usaha Minyak Atsiri

Harga minyak atsiri sebagai bahan baku memang terbilang mahal. Sehingga, untuk memulai bisnis minyak atsiri perlu modal sebesar Rp 10 juta.

Apakah masih bisa dikatakan sebagai bisnis modal kecil? Jawabannya tentu saja iya, karena potensi keuntungannya yang akan kamu dapatkan akan berlipat ganda.

Lagipula, modal tersebut bersifat produktif karena digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan bisnis. Mulai dari minyak atsiri, tungku pembakaran, mesin destilasi minyak atsiri, packaging dan lain lain.

Jika perlu, minta bantuan dari aroma terapi yang sudah tersertifikasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa setiap formula dan racikannya benar benar aman.

Itu pun kalau kamu ingin membuat brand sendiri, berbeda jika menjadi reseller.. pasalnya, saat ini beberapa pelopor minyak atsiri sudah membuka kesempatan kepada setiap orang untuk menjadi reseller produk mereka. Kamu harus mendaftarkan diri sebagai member terlebih dahulu.

Rata rata, orang yang sudah mencoba bisnis minyak atsiri mendapatkan keuntungan bersih sebanyak 40 % dari omsetnya. Dari keuntungan ini, banyak juga diantara mereka yang kemudian sudah balik modal pada tahun 2 usaha.

Itulah beberapa macam minyak atsiri beserta peluang usahanya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Untuk artikel selanjutnya silahkan kunjungi Cara Membuat Minyak Atsiri, Kegunaan Minyak Atsiri dan Minyak Atsiri Adalah.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dalam artikel ini. Jika ada kritik dan saran yang membangun, silahkan tulis pada kolom komentar.

Terima kasih dan sampai jumpa sobatku semua!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *