Halo guys! Pecinta kerupuk pasti sudah tidak asing lagi nih sama yang namanya kerupuk nasi. Kerupuk nasi atau biasa juga di panggil kerupuk gendar merupakan kerupuk yang menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya. Udah pada tau belum nih bagaimana cara pembuatannya? Simak yuk cara membuat kerupuk nasi sisa berikut.

Sebelumnya sudah tau belum nih guys kalau kerupuk nasi atau gendar memiliki peluang usaha yang sangat bagus. Karena kerupuk di Indonesia merupakan salah satu camilan atau makanan ringan yang sangat digemari dari semua kalangan, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca cara membuat gendar. Artikel tersebut menjelaskan tentang analisis usaha kerupuk gendar atau kerupuk nasi ini.

Anda tidak perlu khawatir tentang alat alat yang anda butuhkan dalam usaha kerupuk ini karena alat alat yang anda butuhkan bisa anda beli di rumahmesin.com. Pada website tersebut anda bisa menemukan berbagai macam alat yang di butuhkan, tentunya dengan kualitas yang terjamin serta harga yang ramah di kantong.

Sebelum kita ke resep cara membuat kerupuk nasi sisa, alangkah baiknya jika anda tau nih bagaimana cara memilih beras yang berkualitas serta Manfaat dari beras atau nasi. Kebanyakan dari kita, masyarakat Indonesia mengonsumsi naasi sebagai makanan pokok tetapi hanya sedikit yang tau manfaat dari nasi itu sendiri.

Nah simak yuk pembahasannya.

Cara Memilih Beras Yang Baik dan Manfaat Dari Nasi

Cara Memilih Beras Yang Baik

Pada saat ini mendapatkan beras yang berkualitas baik memanglah tidak mudah. Terlebih lagi cara membedakan mana beras yang mengandung zat pemutih dan mana beras yang aman untuk bisa anda konsumsi. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dalam memilih beras yang berkualitas. Mulai dari tekstur beras, bau beras, hingga warna dan juga lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa tips dari saya yang bisa anda lakukan agar mendapatkan beras yang berkualitas, baik dan juga sehat untuk di konsumsi.

Perhatikan Warna Beras, Tekstur dan Aroma Beras

Tips pertama yang harus anda perhatikan saat sedang memilih beras yang mempunyai kualitas yang baik adalah dengan memperhatikan warna pada beras tersebut. Mengingat pada saat ini sudah beredar banyak beras yang dicampur dengan berbagai macam jenis pemutih yang berbahaya. Maka dengan memperhatikan warna pada beras ini sangat penting supaya anda benar – benar bisa mendapatkan beras yang menyehatkan tubuh.

Warna dari beras yang berkualitas sebenarnya bukanlah jenis beras yang memiliki warna terlalu putih. Karena bisa saja warna dari beras tersebut sudah dicampur dengan menggunakan pemutih yang berbahaya. Sebaiknya, pilihlah beras yang mempunyai warna yang bening serta sedikit kekuningan.

Cara untuk memilih beras yang berkualitas baik yang berikutnya yaitu dengan cara memperhatikan tekstur dari beras tersebut. Dari memperhatikan tekstur dari beras, anda dapat melihat apakah beras tersebut layak atau tidak layak untuk anda konsumsi. Beras yang berkualitas baik memiliki tekstur yang kuat dan juga tidak mudah untuk patah saat anda menekannya.

Sebaliknya, jika beras yang ketika anda tekan mudah sekali untuk hancur atau patah, itu dapat menunjukkan kalau beras tersebut sudah tidak layak untuk konsumsi. Oleh sebab itu, pilihlah beras yang masih kuat dan juga kokoh dengan cara menekan sampel yang ada dari beras tersebut.

Tips yang selanjutnya dalam memilih beras yang berkualitas tinggi yaitu dengan melihat bagaimana aroma yang dihasilkan dari beras. Saat ini, di pasaran banyak sekali beredar jenis beras yang memiliki kandungan pewangi buatan yang sangat berbahaya. Beras yang sudah dicampur dengan pewangi buatan biasanya menimbulkan bau yang sangat wangi. Sehingga, anda bisa menghindari jenis beras yang memiliki aroma seperti ini.

Namun, jika saat beras tersebut dicium menimbulkan aroma bau apek, maka hal itu menandakan bahwa berasnya sudah berusia lama atau kualitasnya kurang baik. Sedangkan beras yang sudah terlalu lama rasanya akan kurang enak dan pastinya kurang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, berasnya juga mudah untuk membusuk saat dimasak. Oleh sebab itu, pastikanlah anda untuk memilih beras yang memiliki aroma wangi yang normal dan juga tidak berbau apek.

Cobalah Meremas dan Menggigit Beras

Tips lainnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan agar bisa mendapatkan beras yang sehat yaitu dengan cara anda memastikan bahwa beras tidak menempel pada telapak tangan ketika anda remas. Beras yang menempel pada telapak tangan anda saat diremas menunjukkan kalau beras tersebut memiliki kandungan atau sudah dicampur dengan pelicin.

Kandungan pelicin yang ada di dalam produk beras harus dihindari semaksimal dan sebisa mungkin saat memilih. Hal tersebut disebabkan karena kandungan pelicin sangat tidak baik untuk kesehatan dan bisa menimbulkan masalah pada tubuh seseorang apabila di konsumsi.

Ada lagi cara lain yang bisa anda lakukan untuk memastikan kualitas dari beras, yaitu dengan cara anda menggigit beras tersebut. Beras yang memiliki kualitas yang baik, saat anda gigit tidak akan mudah untuk rapuh dan juga cenderung keras. Dan beras yang seperti itu sangatlah baik untuk yang menderita kencing manis. Tidak hanya itu, saat dikonsumsi juga beras memiliki rasa yang enak dan juga pulen.

Penting untuk anda ketahui kalau beras yang rapuh akan cenderung memiliki banyak kandungan air didalamnya. Ini biasanya disenjaga dilakukan oleh orang-orang atau oknum yang tidak baik supaya berat pada beras tersebut menjadi bertambah. Tetapi, beras yang terlalu rapuh tersebut tidak akan bisa untuk bertahan lama. Beras pun juga akan mudah berbau apek dan juga didatangi kutu.

Amati Penampakan Berasnya dan Berhati-Hatilah dengan Beras dengan harga yang Murah

Adapun tips memilih beras yang berkualitas baik selanjutnya yaitu dengan cara melihat model pada beras tersebut. Caranya yakni dengan anda mengamati butiran dari beras tersebut. Dengan cara tersebut, Anda dapat melihat apakah beras tersebut merupakan produk beras yang masih baru ataukah produk beras yang sudah lama.

Lihatlah tekstur dan juga penampakan atau tampilan dari beras tersebut secara lebih teliti. Jika pada tekstur beras tersebut terdapat tekstur beras yang panjang ataukah tidak ada. Tidak hanya itu, lihat juga apakah di telapak tangan Anda ada bekas seperti tepung ataukah tidak. Apabila kedua tanda tersebut ada, maka itu menandakan kalau beras tersebut sudah berumur tua atau lam.

Cara memilih beras berkualitas baik yang berikutnya yaitu dengan memperhatikan harga dari beras. Jika di pasaran, ada berbagai macam harga beras yang ditawarkan oleh sang penjual. Adapun acuan untuk harga beras tersebut yaitu ditentukan dengan berdasarkan kepada kualitas dari berasnya. Sehingga, semakin bagus kualitas dari berasnya maka harganya juga akan semakin mahal mengikuti kualitasnya. Namun, sisi positifnya yaitu rasa yang ditawarkan juga akan semakin bertambah enak.

Dan apabila dengan kebetulan Anda menemukan beras yang dijual dengan harga yang sangat murah, sebaiknya anda lebih berhati-hati dan lebih baik tidak membelinya. Karena dikhawatirkan jika beras tersebut mempunyai kualitas yang tidak baik atau umur beras sudah terlalu lama. Jadi beras tersebut akan kurang baik untuk anda konsumsi.

Pastikan Berasnya Tidak Terdapat Kutu dan Pilih Beras Yang Bersih

Selain beberapa tips yang sudah saya disebutkan tadi, anda juga harus dapat memastikan kalau beras yang anda beli tidak memiliki kutu di dalamnya. Pada umumnya, beras yang mempunyai kutu menandakan kalau beras tersebut sudah berumur lama atau tua. Dan beras yang sudah berusia lama, tentu saja tidak akan bersih dan juga kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi.

Akan tetapi, apabila beras yang berkutu sebenarnya juga memiliki sisi yang positif. Sebab beras tersebut tidak terdapat bahan atau zat kimia yang berbahaya. Ada kalanya juga jenis beras yang baru memiliki kutu sebab terkontaminasi dengan beras yang sudah lama.

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan supaya mendapatkan beras yang terbaik dan juga berkualitas unggul yakni dengan cara memilih beras yang bersih dari kotoran. Beras yang bersih yaitu beras yang tidak mengandung atau tercampur dengan kotoran apapun. Baik itu berupa kotoran seperti batu, gabah atau kotoran-kotoran yang lainnya. Karena dengan memilih beras yang bersih maka kesehatannya akan lebih terjamin. Rasa beras yang anda konsumsi juga akan menjadi lebih enak.

Pastikan Membeli di Toko Terpercaya

Selain dengan memastikan berasnya tidak memiliki kutu, cara mengetahui beras yang berkualitas baik berikutnya yakni dengan cara anda membeli beras di toko yang sudah terpercaya. Hal tersebut sangatlah penting untuk anda lakukan agar kualitas dari berasnya benar – benar terjamin. Karena dengan anda membeli beras di toko atau tempat yang sembarangan dapat menimbulkan atau mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, pilihlah toko yang benar-benar sudah terjamin bisa memberikan produk beras yang aman dan juga menyehatkan tubuh. Dan yang terpenting yaitu dengan mengusahakan berasnya masih dalam kondisi yang baru. Terlebih lagi apabila beras tadi diberikan untuk anak yang masih bayi.

Udah tau kan bagaimana cara memilih beras yang baik, sekarang kita simak yuk manfaat dari nasi.

Manfaat Nasi

1. Sumber energi yang hebat. 

Nasi mengandung banyak karbohidrat yang bertindak atau berguna sebagai bahan bakar utama bagi tubuh dan dapat membantu dalam mengatur fungsi normal pada otak.

2. Bebas kolesterol. 

Makan nasi dapat berefek sangat baik untuk kesehatan, hal itu karena nasi tidak mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh, yaitu kolesterol dan juga sodium. Nasi bisa menjadi salah satu pilihan bagian dari diet yang seimbang dqan juga sehat.

3. Kaya akan vitamin. 

Pasa nasi banyak sekali terkandung vitamin dan juga mineral misalnya niacin, zat besi, kalsium, serat, thiamine, vitamin D, serta riboflavin.

4. Banyak mengandung resistant starch. 

Di dalam nasi banyak terkandung resistant starch, yang akan masuk ke dalam usus masih dalam bentuk yang belum dicerna sama sekali. Itu akan dapat membantu pertumbuhan dari bakteri – bakteri baik yang berguna di dalam usus anda.

4. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi. 

Nasi tidak mempunyai banyak kandungan sodium, dan juga dianggap menjadi makanan yang terbaik untuk mereka yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan juga hypertensi.

5. Mencegah kanker. 

Whole grain rice misalnya brown rice banyak memiliki kandungan serat insoluble yang bisa jadi dapat melindungi anda dari berbagai macam jenis kanker yang berbahaya. Banyak peneliti yang mempercayai kalau serat insoluble ini penting untuk melindungi tubuh anda dari sel – sel kanker.

6. Mengobagi dysentery. 

Pada bagian kulit ari dari nasi dianggap mampu menjadi obat yang efektif dalam mengobati penyakit dysentery. Sekam padi yang masih kecil, baru berusia tiga bulan memiliki kandungan diuretic properties. Orang China mempercayai bahwa nasi dianggap bisa meningkatkan selera, dapat menyembuhkan sakit perut dan juga masalah pencernaan yang lain.

7. Merawat kulit. 

Para ahli medis Menyatakan bahwa tepung padi dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang ada pada kulit. Di wilayah negara India, air beras dipakai oleh praktisi ayurvedic menjadi obat yang efektif dalam mendinginkan permukaan kulit yang terkena luka bakar.

8. Mencegah Alzheimer’s Disease.

Brown rice memiliki banyak kandungan neurotransmitter yang dapat mencegah penyakit Alzheimer’s disease.

9. Menguatkan jantung. 

Rice bran oil memiliki kemampuan untuk antioxidant yang dapat menguatkan jantung yaitu dengan cara mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh anda.

10. Mencegah konstipasi. 

Serat insoluble yang terkandung di dalam nasi akan bertindak menjadi sponge lembut yang bisa mendorong makanan lain untuk melewati usus dengan mudah dan juga cepat.

Setelah anda mengetahui cara memilih beras dan juga manfaat Nasi yuk simak cara membuat kerupuk nasi sisa.

Cara Membuat Kerupuk Nasi Sisa

Bahan – Bahan:

  • 580 gr nasi sisa
  • 460 gr tepung tapioka
  • secukupnya Kaldu bubuk
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 sdt garam

Cara Pembuatan:

  1. Rendam nasi sisa kurang lebih selama 15 menit lalu cuci bersih dan tiriskan nasi.
  2. Setelah nasi di tiriskan blender nasi dengan menambahkan sebanyak 1gelas air (sekitar 250ml) blender sampai lembut dan teksturnya seperti bubur.
  3. Uleg semua bumbu sampai halus kemudian masukkan bumbu tersebut ke dalam nasi yang sudah diblender tadi dan aduk hingga semuanya rata.
  4. Masukkanlah tepung tapioka secara bertahap sedikit demi sedikit, aduk lalu tambahkan kaldu bubuk yang tadi sudah di siapkan dan uleni sampai adonan bisa dibentuk (anda boleh memeriksa rasa dari adonan)
  5. Bentuklah adonan kerupuk nasi sesuai dengan selera anda. Lapisi tangan anda dengan tepung tapioka supaya mudah untuk membentuk dan agar adonan tidak menempel pada tangananda. Sembari anda membentuk adonan, didihkanlah air dipanci, beri sedikit sekitar 1-2sdm minyak goreng yang bertujuan agar adonan tidak saling menempel nantinya.
  6. Setelah air pada panci mendidih, masukkan adonan yang sudah anda bentuk tadi. Rebus hingga adonan kerupuk mengapung, itu tandanya sudah matang dan siap untuk diangkat.
  7. Angkat adonan kerupuk yang sudah mengapung di permukaan air. Rendam adonan sebentar di dalam air dingin atau es. Lalu tiriskan dan biarkan hingga adonan berubah menjadi dingin.
  8. Setelah lontongan adonan lumayan dingin, simpanlah di dalam kulkas selama semalaman hingga berubah menjadi kaku. Kemudian iris secara tipis hingga habis menggunakan pisau yang tajam dan jemur kerupuk nasi tersebut hingga benar benar kering.
  9. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng kerupuk nasi hingga mengembang dan matang ciri cirinya yaitu berubah warna menjadi kekuningan, angkat dan tiriskan menggunakan tissue makan agar minyak yang menempel bisa berkurang.
  10. Anda bisa menjikmatinya langsung atau bisa disimpan di tempat yang kedap udara seperti toples.

Wah gampang banget kan cara buatnya, bahan nya juga tidak susah di cari.Jangan lupa coba buat di rumah ya! Semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *