Masjid Menara Kudus Jateng

Masjid Menara Kudus dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus. Mulanya masjid ini bernama Masjid Al-Aqsa. Diketahui nama masjid tersebut tercantum dalam prasasti yang terpasang pada bagian atas mihrab. Di dalam prasasti tersebut terdapat pernyataan Masjid Al-Aqsa berada di negeri Al-Quds. Kemudian masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Menara Kudus. Pembangunan masjid ini tak bisa dilepaskan dari proses masuknya agama islam yang ada di Pulau Jawa. Masjid ini juga bentuk dari akulturasi budaya pada masa itu. Untuk arsitektur bangunannya menggunakan budaya Hindu sehingga kedatangan islam bisa diterima dengan mudah.

Arsitektur Masjid

            Masjid Menara Kudus saat ini sudah tidak lagi asli 100%. Untuk ukurannya lebih besar ketika sudah direnovasi pada tahun 1918. Saat masuk ke masjid, para jamaah akan disambut pintu gapura masjid. Gapura ini sering disebut sebagai Lawang Kembar. Kemudian ada bendera berjumlah dua buah yang diletakkan sebelah kanan dan kiri tempat berkhotbah. Selain itu, Masjid Menara Kudus mempunyai 5 pintu di sebelah kiri masjid dan 5 pintu di sebelah kanan masjid. Mempunyai 4 jendela, 5 pintu berukuran besar, dan 8 tiang kayu.

Asitektur Menara

Menara masjid ini luasnya 10×10 meter dan tingginya 18 meter. Kemudian ada piring bergambar sejumlah 32 buah yang ada di sekeliling menara masjid. Bergambar masjid, manusia, unta, dan pohon kurma dalam 20 buah piring, kemudian berlukiskan bunga yang berwarna merah putih dalam 12 buah piring. Terdapat tangga kayu jati yang ada dalam menara. Tangga tersebut dibangun pada tahun 1895. Untuk bagian kaki dan badan menara dibuat menyerupai candi Hindu yang ada di Jawa. Untuk material menara masjid menggunakan batu bata tanpa semen untuk perekatnya. Untuk bagian kepala menaranya menggunakan bangunan Jawa.

Bagian-Bagian Lain

            Masjid Menara Kudus dapat menampung hingga 2.000 jamaah. Ada tempat wudhu dengan panjang 12 meter, untuk lebarnya 4 meter, dan tingginya 3 meter. Tempat wudhu ini juga dilengkapi pancuran sebanyak delapan yang pada bagian atasnya terdapat patung. Sejumlah delapan ini menurut keyakinan agama Budha yaitu Asta Sanghika Marga. Kemudian pada bagian belakang Masjid Menara Kudus ada komplek makam Sunan Kudus.

Lokasi

Masjid Menara Kudus terletak di Jalan Menara, Kelurahan Kauman, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *