Kerajinan dari Sabut Kelapa dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari Sabut Kelapa dan Cara Membuatnya – Sabut merupakan bagian mesokarp (selimut) yang berupa serat-serat kasar kelapa.

Sabut biasanya disebut sebagai limbah hanya ditumpuk di bawah tegakan tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk atau kering.

Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk kayu bakar.

Secara tradisional, masyarakat telah mengolah sabut untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi kesed.

Padahal sabut masih memiliki nilai ekonomis yang cukup baik. Sabut kelapa jika diurai akan menghasilkan serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cococoir).

Namun produk inti dari sabut adalah serat sabut. Dari produk cocofibre akan menghasilan aneka macam derivasi produk yang manfaatnya sangat luar biasa. Sabut kelapa biasanya dibuat kerajinan yaitu kerajinan dari sabut kelapa.

Kerajinan dari Sabut Kelapa dan Cara Membuatnya

kerajinan dari sabut kelapa dan cara membuatnya

1. Jok Mobil Sabut Kelapa

Industri otomotif terkemuka di dunia, misalnya Mercedes Benz, Volkswagen Porche, dan Opel di Eropa, ternyata menggunakan serabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan saat ini serabut kelapa digunakan untuk jok pesawat terbang.

Kelebihan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil yaitu mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak memiliki tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

2. Tali Tambang

Tali tambang sabut kelapa merupakan bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar dari serabut kelapa, seperti tali serabut untuk kerajinan, tali serabut untuk tali dadung untuk tali kapal, tali serabut untuk cocomesh dan lain-lain.

Tali serabut ini memiliki beberapa variasi lilitan, atau sering dikenal dengan sebutan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply, tetapi kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pembuatan tali tambang sabut kelapa, gunakanlah mesin pemintal tali yang mana akan memintal dengan sangat efisien.

3. Matras Sabut Kelapa

Matras Sabut Kelapa ini berfungsi sangat baik sebagai matras kesehatan bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat baik memakai produk matras ini. Sifatnya yang sangat lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman untuk orang yang sedang dalam perawatan sakit pinggang.

Matras Sabut kelapa ini cocok juga untuk matras bagi bayi, karena sifatnya yang mampu menyerap bau, tetap nyaman jika pun sering diompoli berkali-kali oleh si bayi.

Matras ini juga dapat digunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.

4. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa adalah perpaduan dari sabut kelapa dan juga lateks rubber, yang menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi, sebab kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas / per, kasur sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami, hasil dari proses pengeritingan serat serabut kelapa.

Kelebihan dari kasur ini yaitu juga anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering. Sehingga dipastikan sehat untuk bayi dan anak-anak.

5. Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh jaring serabut kelapa adalah salah satu aplikasi dari tali serabut kelapa. Pembentukannya dengan cara dianyam. Polanya menyesuaikan dengan kebutuhan, seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2 × 2 cm, 3 × 3 cm, 4 × 4 cm dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan cocomesh banyak dipakai untuk reklamasi tambang, mengembalikan areal bekas tambang agar menjadi hijau kembali. Cocomesh fungsinya sebagai media tanam untuk menutupi tanaman yang disebar diatas cocomesh. Selain itu fungsi cocomesh bisa mencegah larinya di atas tanah dan mencegah erosi tanah.

Kelebihan penggunaan cocomesh sabut kelapa ini adalah selain karena bahan yang digunakan organik dan juga memiliki kekuatan yang cukup lama sekitar 2 tahun.

Ketika mulai memperbarui cocomesh di atas tebing bekas tambang, kemudian mulai ditaburi dengan covercrop penutup lahan seperti jenis PJ (Pueraria javanica), CP (Centrosema pubescens), CC (Calopogonium caeruleum) atau jenis MC Mucuna, maka selama penumbuhan, biji tersebut akan tumbuh dengan cepat dalam media cocomesh.

Dan setelah areal menghijau, maka areal tersebut, siap untuk ditanami dengan tumbuhan keras. Maka kembali hijaulah bekas tambang tersebut.

Anda bisa menemukan orang yang jual cocomesh murah dan berkualitas dimana mana termasuk di toko – toko peralatan rumah tangga.

6. Sabut Kelapa Peredam Getar Dan Suara

Sabut kelapa ternyata juga dapat digunakan sebagai aplikasi peredam getaran dan suara. Kelebihannya adalah lebih menyehatkan dan tidak gatel, tidak seperti wol batu yang banyak digunakan selama ini.

Berbahan hampir sama dengan matras serabut kelapa, yang dipasang di dinding atau dekat dengan sumber getaran dan suara, hasilnya sangat efektif dalam getaran dan suara.

Salah satu penggunaan adalah untuk studio musik, dan sebagai contoh, kantor Rumah Mesin menggunakan media serabut kelapa untuk mengurangi suara yang berasal dari kendaraan di tepi jalan.

7. Coir Net Untuk Pengerasan Jalan

Coir Net yaitu sama fungsinya seperti cocomesh, bedanya adalah bentuknya yang lebih besar dan lebih kokoh. Coir Net dibuat dari tali yang besar, biasanya memakai 3 ply. Kemudian dipilin menjadi ikatan yang kokoh dengan ketebalan tali sekitar 1,5 sampai 2 cm.

Penggunaan Coir Net ini banyak digunakkan untuk teknik pengerasan jalan. Pemakai produk ini banyak yang dari Negara Korea, dan kebutuhan akan produk ini masih sangat besar, mengingat produsennya masih terbatas.

8. Cocosheet Sebagai Rambatan Media Tanam

Cocosheet adalah lembaran sabut kelapa yang berbentuk sedemikian rupa, dibentuk dengan cara dijahit atau dikeritingkan, kemudian dibuat oleh bahan lateks, ternyata banyak diminati sebagai media tanam.

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media rambat tanaman. Sangat cocok untuk pohon anggrek dan pohon sejenisnya. Banyak juga digunakan untuk aplikasi pertanian, dan salah satunya adalah dalam bentuk sabut kelapa seperti gambar yang diatas.

9. Cocopot Sabut Kelapa

Ya .. inilah cocopot yang berbahan dasar dari serabut kelapa, media pot serabut kelapa ini dapat digunakan sebagai media tanam langsung. Pot sekaligus media tanam.

Cocopot ini sangat bagus untuk digunakan sebagai tempat penitipan polibag. Pehobis tanaman yang sadar akan isyu lingkungan, dipastikan akan memilih pot dengan bahan dasar sabut ini karena mengingat kepraktisan dan ramah lingkungan.

10. Keset Sabut Kelapa

Selama ini orang hanya mengenal produk sabut kelapa hanya sebagai keset rumah, karena inilah produk yang paling banyak dipakai di masyarakat.

Variasi produk keset dengan diberikannya nama sesuai kebutuhan, seperti ucapan selamat datang, selamat datang, bonjour, Bula dan lain sebainya, menambah citra positif jika dipasang di depan rumah atau kantor.

Hal lain tentang penggunaan keset sabut kelapa, ternyata juga banyak dipakai untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut para petambang emas, penyaringan merkuri menggunakan media keset lebih efektif.

11. Sapu Sabut Kelapa

Selain keset, Ini produk yang paling populer ada di rumah-rumah tangga. Sejarah penggunaan serabut kelapa di Indonesia yang umum digunakan untuk membuat kesetiaan dan sapu serabut kelapa.

Penggunaan keset serabut kelapa ini lebih mudah membersihkan kotoran, awet, serta tahan lama, selainnya juga ramah dikantong ibu-ibu rumah tangga.

12. Cocopeat Sebagai Media Tanam

Cocopeat ini adalah produk sampingan dari sabut kelapa, fungsi awal sebagai filler dan pengikat serat serabut, dan ketika diurai memakai mesin pengurai, cocopeat lepas dari seratnya.

Cocopeat ini banyak digunakan sebagai media tanam untuk pembibitan, untuk media campuran kompos, sebagai sumber serat kayu dan lain-lain. Ada juga sebagai bahan arang untuk pengisi baterai.

Itulah berbagai macam kerajinan dari sabut kelapa dan juga manfaat dari sabut kelapa. Semoga bermanfaat sukses selalu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *