Investasi di instrumen saham menjadi salah satu investasi yang mengalami penurunan cukup dalam saat pandemi corona seperti ini, dampaknya adalah jadi banyak investor yang panik dalam menghadapi situasi seperti ini. Sejak pertama kali diumumkan bahwa terdapat pasien yang positif covid-19 di Indonesia, IHSG terus mengalami fluktuasi yang cukup tinggi bahkan sampai beberapa kali mengalami trading halt.

Tapi jangan panik dan khawatir, kamu tetap bisa berinvestasi di instrumen ini dan tetap cuan. Yuk simak beberapa langkahnya.

1. Beli saham yang berfundamental baik

Saat market sedang tidak stabil seperti ini, jangan sekali-kali mencoba membeli saham yang berfundamental buruk, jika kamu melakukan hal ini sama saja dengan kamu bunuh diri. Belilah saham-saham yang sudah pasti bagus fundamental dan bisnis perusahaannya.

2. Selalu mau belajar dan menambah ilmu

Pandemi covid-19 ini pemerintah membuat kebijakan untuk memberlakukan PSBB otomatis setiap orang akan menjalani pekerjaannya di rumah, pada masa seperti inilah kamu bisa menambah ilmu yang berkaitan dengan saham. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu dirumah untuk mengasah kemampuan investasi kamu dengan maksimal.

3. Fokus investasi pada saham jangka panjang

Kamu bisa memilih saham yang berjangka panjang karena saham seperti ini bisa menjadi pondasi penting di saat pandemi corona seperti ini. Fokus dan punya trading plan sendiri, karena dengan begitu kamu dapat tetap konsisten menyisihkan porsi penghasilan kamu tanpa terpengaruh oleh rumor dan berita yang beredar.

4. Evaluasi portofolio kamu

Ketika kamu melihat market sedang berdarah-darah seperti ini, jangan hanya meratapi nasib tapi coba lakukan sesuatu yaitu lakukan evaluasi dan memeriksa ulang portofolio kamu. Dengan kamu melakukan hal ini, ini bisa membantu kamu untuk menyusun rencana ke keuangan yang lebih baik dimasa depan.

5. Percaya akan pilihanmu

Ketika dihadapi dengan sebuah krisis, kita biasanya akan menjadi panik dan meragukan diri sendiri lalu kita akan cenderung mengambil sikap jangka pendek dari menghiraukan sikap yang bersifat jangka panjang. Cobalah untuk mempercayai dirimu sendiri dan belajar meragukan keraguan dirimu sendiri.

Itulah 5 tips dalam berinvestasi saham agar terus lancar walaupun sedang pandemi corona. Jika kamu merupakan investor pemula yang belum mengerti cara menganalisa, kamu bisa menggunakan aplikasi yang dapat membantu kamu dan memberikan rekomendasi yang kredibel. Emiten.com merupakan aplikasi rekomendasi saham yang dapat membantu kamu untuk memberikan analisa saham baik fundamental maupun teknikal oleh analis-analis yang bersertifikasi dan berpengalaman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *