Saat ini kartu kredit menjadi kartu sakti yang banyak digunakan oleh orang-orang karena kartu kredit menawarkan banyak kemudahan serta promo dan diskon yang tersedia di dalamnya. Banyak orang yang pada awalnya tidak tertarik tetapi setelah mengetahui benefitnya, mereka jadi ikut untuk memiliki kartu tersebut.

Setelah sering mendapatkan kemudahan dari penggunaan kartu kredit ini, akhirnya banyak nasabah yang menjadi ketagihan sehingga menambah kartu kreditnya bahkan sampai mencapai limit. Walaupun begitu masih ada beberapa orang yang merasa tidak perlu menggunakan kartu kredit karena berbagai alasan mulai dari takut tidak bisa membayar, takut kalap belanja dan takut terlilit hutang.

Kami telah merangkum beberapa alasan dari artikel Emiten.com yang menjadi latar belakang kenapa kamu tidak memerlukan kartu kredit, yuk simak.

  • Takut kalap belanja

Saat kamu mempunyai kartu kredit walaupun kamu tidak memiliki uang sepeser pun kamu masih tetap bisa belanja dengan mudah, apalagi jika di tempat tersebut sedang ada promo-promo maka kamu akan lebih gampang untuk kalap. Perilaku konsumtif juga bisa mengingatkan kamu untuk tidak menggunakan kartu kredit terlalu sering.

  • Minim pengeluaran

Saat pengeluaran kamu masih sedikit, tentunya kamu masih memiliki sisa dana untuk mengcover kebutuhan-kebutuhan yang lain. Kamu tidak memerlukan kartu kredit karena kamu bisa menabung sisa penghasilan tersebut daripada terjebak dalam keindahan kartu kredit.

  • Tidak ingin punya utang

Terkadang orang-orang enggan memiliki kartu kredit karena mereka tidak ingin mempunyai utang. Karena kartu kredit ini merupakan hutang dan pastinya hutang memiliki bunga sehingga akan menambah jumlah uang dari yang seharusnya dibayarkan.

  • Mencari income tambahan

Semakin besar penghasilan kamu biasanya pengeluaranmu juga akan semakin besar, sehingga kamu akan terpacu untuk mencari penghasilan tambahan untuk mengcover semua kebutuhan-kebutuhan kamu. Daripada menggunakan kartu kredit dan menambah hutang lebih baik kamu mencari pekerjaan tambahan, kamu juga bisa belajar berhemat karena kamu tau susahnya mendapatkan uang.

  • Memiliki jumlah tabungan yang cukup

Saat kamu memiliki jumlah tabungan yang cukup dan telah membagi post pengeluaran kamu, kamu akan merasa tidak terlalu membutuhkan kartu kredit alhasil kamu akan cenderung menggunakan kartu debit. Dengan begitu kamu tidak perlu menambah beban hutang dan beban pikiran.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu sebenarnya tidak perlu menggunakan kartu kredit karena masih banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengcover kebutuhan-kebutuhan kamu yang lain. Kamu bisa sembari menabung melakukan investasi, kamu bisa berinvestasi di pasar modal karena memberikan imbal hasil yang cukup besar. Emiten.com bisa menjadi aplikasi yang dapat membantu kamu saat akan berinvestasi saham. Simak selengkapnya disini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *