Dalam proses berkembang kembang diketahui sebutan periode kritis. Periode kritis merupakan seribu hari awal kehidupan terhitung semenjak di dalam isi sampai dia berumur 2 tahun. Kenapa seribu hari awal itu berarti sekali? Sebab pada periode inilah berkembang kembang bermacam sistem organ terjalin dengan pesat, tercantum berkembang kembang otak serta saluran cerna. Di sinilah periode emas buat membentuk masa depan yang bermutu menggunakan susu dancow full cream untuk dewasa. Kurang optimalnya berkembang kembang Sang Kecil di masa ini hendak berakibat terhadap penyusutan kualitasnya pada masa mendatang.

Pertumbuhan Otak Anak

Sehabis Sang Kecil lahir, otak hadapi pertumbuhan yang sangat pesat. Bayangkan saja, Ibu, massa otak kala lahir cuma dekat 300 gr serta pada dikala Sang Kecil berumur 2 tahun, massa meningkat sampai 1000 gr. Ini maksudnya pada umur 2 tahun, volume otak anak menggapai 80 persen volume otak berusia. Pada umur 3 tahun, perkembangan otak menggapai 90 persen volume otak berusia. Lalu sehabis umur 3 tahun, perkembangan melambat serta setelah itu otak hendak menggapai dimensi berusia pada umur 9- 14 tahun.

Pertumbuhan otak terjalin lewat pertambahan koneksi serta percabangan dari sel- sel otak dan pematangan sel saraf, sehingga bisa berperan dengan baik. Berikut merupakan panduan sesi pertumbuhan otak:

0- 2 tahun: pertumbuhan emosional

0- 4 tahun: pertumbuhan logika serta matematika

0- 10 tahun: pertumbuhan bahasa

Nah, bersumber pada sesi di atas, Ibu dapat melaksanakan stimulasi pas supaya pertumbuhan jadi maksimal.

Pertumbuhan Saluran Cerna Anak

Sama halnya dengan otak, perkembangan serta pertumbuhan saluran cerna pula sangat dominan terjalin pada masa dini kehidupan. Berikut ini merupakan panduan pertumbuhan saluran cerna Sang Kecil cocok kelompok umur:

0- 3 bulan: Enzim pencernaan belum tercipta sempurna tetapi telah terdapat enzim laktase sehingga balita dapat komsumsi ASI ataupun susu resep yang banyak memiliki laktosa. Enzim lain buat mengolah protein serta lemak sesungguhnya telah dihasilkan namun masih belum sempurna, sehingga balita cuma dapat mengolah lemak serta protein yang ada dalam ASI ataupun susu resep.

4- 6 bulan: Enzim buat mengolah zat pati telah mulai tercipta tetapi masih sangat sedikit. Oleh sebab itu, balita cuma boleh memperoleh ASI ataupun susu resep saja.

6 bulan: Pembuatan enzim pencernaan telah lumayan, balita dapat diberikan santapan pasangan. Pasti diberikannya bertahap, ya, Ibu, baik dari tipe ataupun jumlah.

9 bulan: Kekuatan serta koordinasi mengunyah tumbuh sedikit demi sedikit. Ibu dapat membagikan santapan pasangan yang teksturnya lebih agresif dari tadinya. Pasti perihal ini wajib disesuaikan dengan keahlian Sang Kecil, ya.

12 bulan: Kekuatan serta koordinasi mengunyah dan kematangan saluran cerna telah lumayan baik. Sang Kecil dapat diberikan santapan rumah biasa dengan penyesuaian bumbu.

Hal- Hal yang Butuh Diperhatikan

Yakinkan Ibu memperhatikan

sebagian perihal berikut supaya proses berkembang kembang otak serta saluran cerna balita terjalin maksimal: nutrisi, stimulasi, higienitas, vaksinasi, serta kesehatan dasar anak.

Dari segi nutrisi, kebutuhan makronutrien( karbohidrat, protein serta lemak) dan mikornutrien( vit serta mineral) Sang Kecil wajib dipadati cocok tahapan umur serta pertumbuhan saluran cernanya. Tidak hanya makronutrien serta mikronutrien utama, sebagian zat semacam omega- 3, omega- 6, AA, DHA, zat besi, serta kolin bisa mendukung pertumbuhan otak anak. Sedangkan itu, probiotik serta prebotik pula ialah komponen berarti buat mendukung perkembangan serta pekembangan saluran cerna yang sehat.

Maksimalkan perkembangan serta pertumbuhan otak serta saluran cerna anak semenjak dini supaya masa depan anak bermutu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *