Anda tentu sudah tahu jika kurma mengandung manfaat yang sangat banyak, terutama dapat mengurangi stroke yang menyerang secara tiba-tiba. Ada berbagai macam manfaat dalam buah ini, dan artikel ini akan dijelaskan.

Namun sebelum manfaat kurma kita perlu tahu terlebih dahulu asal dan sejarah kurma, setelah itu kita baru membahas manfaatnya, oke.

Asal dan Sejarah Kurma

Setiap orang pasti sudah tahu kisah tentang kisah Nabi Adam, manusia pertama di muka bumi ini? Ia diutus untuk turun ke bumi untuk hidup dengan berbagai tanaman, salah satunya adalah pohon kurma.

Pada zaman kuno ada sebuah makam Mesir Kuno yang ditemukan dalam bentuk mumi yang ditutupi oleh tikar yang berasal dari daun pohon kurma.

Di sana juga telah ditemukan pohon kurma yang masih utuh di sebuah makam kuno di wilayah Shakra dan makam itu telah ada sejak 3200 SM. Di wilayah tersebut, salah satunya menjadi ibu kota Al-Wadi Al-Jadidi di kota Mesir, juga menemukan sisa-sisa pohon kurma yang sudah berumur sejak duli sejak zaman batu.

Di negara Mesir banyak orang kuno menggunakan hampir seluruh pohon kurma, mulai dari batang yang digunakan sebagai fondasi rumah dan atap rumah. Daun palem digunakan sebagai atap rumah, juga sebagai bahan alas.

Dan buah ini dibuat menjadi makanan yang dapat mereka simpan sepanjang tahun untuk mendukung kebutuhan makanan pokok mereka.

Cara membuat Jus kurma yang enak

Bahan:

  •     Dua kurma matang
  •     80 ml gula cair, air mineral secukupnya
  •     Es batu secukupnya
  •     Mesin blender

Cara membuat jus kurma:

  1.     Cuci semua bahan yang telah disediakan dan kupas setiap kulitnya dan pisahkan kurma dari bijinya.
  2.     Masukkan semua bahan yang telah dibersihkan dari kulit ke dalam blender dan tunggu sekitar 2 menit, tunggu sampai benar-benar halus.
  3.     Pisahkan air dari serat dan tuangkan ke dalam gelas yang agak besar.
  4.     Sajikan segera sehingga masih terasa segar atau bisa juga Anda kemas menggunakan cup sealer.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Cegah Anemia

Kandungan yang terkandung dalam kurma sangat banyak terutama kaya zat besi yang cukup tinggi dan sangat efektif untuk mencegah anemia. Jika Anda memiliki kecenderungan darah sangat rendah, disarankan untuk mengonsumsi buah secara teratur.

Karena kandungan zat besi yang terkandung dalam kurma dapat menggantikan zat besi yang hilang di tubuh kita. Selain itu, manfaat kurma yang ada di sebelah tubuh dapat mengurangi kelelahan dan kelesuan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kurma lainnya adalah untuk menjaga dan menjaga kesehatan di hati kita. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat banyak dan baik untuk jantung.

Tidak hanya zat besi yang terkandung dalam kurma ada juga yang lain, yaitu magnesium, yang bisa membantu tekanan darah. Kurma juga mengandung kallium yang berfungsi mengurangi tekanan darah.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui manfaat kurma yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Buah ini kecil tetapi memiliki manfaat yang sangat besar, jika seseorang mengkonsumsi buah ini secara teratur dan teratur akan mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

4. Memperbaiki sel-sel kulit yang rusak

Manfaat buah kecil ini adalah dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak pada kulit kita. tidak banyak yang tahu jika buah ini bisa memperindah wanita. seperti manfaat buah sirsak kurma juga memiliki banyak kandungan asam panthothenic yang termasuk dalam kelompok vitamin B.

Asam Panthothenicini yang berfungsi sangat efektif dapat mencegah kerusakan kulit yang dipicu oleh radikal bebas. Kulit akan terasa sangat kenyal dan bercahaya setelah Anda rutin mengonsumsi kurma.

5. Mencegah Diabetes

Kurma memang memiliki rasa yang agak manis tetapi buah ini tidak dianggap dapat mencegah diabetes. Karena kandungan yang ditemukan dalam kurma memiliki gula alami yang sangat baik untuk tubuh kita. Kandungan serat dalam kurma sebenarnya bisa membantu mengendalikan gula darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal pada 2011 dalam kurun waktu penelitian ini memiliki kandungan yang dapat mencegah peningkatan kadar gula darah setelah makan.

Itu lah tadi beberapa cara membuat jus kurma, manfaat dan beberapa manfaatnya. Anda bisa menikmati minuman ini di ruang ber-AC dan Anda juga bisa menservice nya di service ac jogja. Semoga artike ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat Mencoba!!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *